Kita diciptakan Allah bersuku-suku dan berbangsa-bangsa agar kita saling mengenal. Dimana pepatah mengatakan ” Tak Kenal Maka Tak Sayang”. Sebagai mahluk ciptaan Tuhan, mengenali dan memahami kondisi saudara kita di daerah-daerah yang tersebar di seluruh tanah air yang belum tergali potensinya baik Sumber Daya Manusia maupun Sumber Daya Alamnya, merupakan tugas dan kewajiban kita. Kepedulian kita terhadap mereka adalah wujud nayata ketaqwaan kita terhadap Sang Pencipta. Maka lahirlah ayasan ini untuk ambil bagian dalam menggali potensi masyarakat di daerah.

Kata “DULUR SALEMBUR diambil dari bahasa Daerah artinya ” Saudara Sekampung”. Kampung yang di maksud adalah kampung dalam arti yang seluas-luasnya. Kampung tempat kita hidup, dilahirkan dan dibesarkan hingga diwafatkan, itulah yang di sebut Dunia.Jadi “DULUR SALEMBUR” pada hakekatnya adalah Saudara Sedunia.

Dengan menghayati makna Dulur Salembur berarti kita semua bersaudara. Belum dikatakan beriman seseorang diantara kamu ingga kamu mencintai saudaramu sebagaimana kamu mencintai dirimu sendiri. Hadirna Yayasan Dulur Salembur adalah dalam rangka memuouk persaudaraan antar sesama umat tanpa membeda-bedakan SUKU, AGAMA dan BANGSA.